Jumat, 05 September 2014

Penyebab Kecelakaan Pelaksanaan Kerja



Penyebab kecelakaan kerja dari faktor manusia (human error) sering terjadi pada mereka tidak cakap, perilaku ceroboh, spirit kerja yang tidak terkontrol, oleh sebab itu peranan pendidikan menjadi penting terutama terkait dengan pekerjaannya.

Beberapa hal yang disebutkan diatas bisa menyebabkan kurang menguntungkan dilihat dari produktivitas kerja, perbuatan yang salah terutama ketidaktahuan prinsip operasional serta faktor kecerobohan (perilaku kasar, suka bergurau dalam bekerja) akan berakibat pada kecelakaan dan berakibat pula kerugian perusahaan. Untuk menghindari segala kemungkinan terjadinya kerugian maka saat rekruitmen diperlukan tes kemampuan, psikoteknik, tes kesehatan.

Apabila sudah diterima sebagai tenaga kerja masih diperlukan masa pelatihan dan bimbingan kerja masa pelatihan diperlukan untuk memenuhi tiga aspek, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek dedikatif.


Bimbingan diarahkan pada profesionalitas kerja, keyakinan bahwa program keselamatan dan kesehatan kerja adalah kepentingan bersama, Referensi Internasional Labour Organization (ILO) dalam accident preventif pengarahan menetapkan manajemen menuntut partisipasi dan kerjasama semua pihak agar terus mempertahankan kondisi kerja yang aman (safe working conditions).

Kebiasaan berperilaku kerja yang baik dan mengikuti prosedur akan dapat menjamin produktivitas kerja optimal. Disisi lain tenaga kerja mempelajari berbagai perkembangan teknologi untuk mampu berinteraktif secara fisiologis.

2 komentar:

  1. Memang bedanya perusahaan yang menerapkan K3 dengan baik atau tidak bisa dengan mudah dilihat di catatan kecelakaan kerja

    salam,
    LK

    BalasHapus