Selasa, 10 Desember 2013

Orientasi K3 pada Dunia Industri



Tujuan memasyarakatkan dan membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja adalah untuk menyadarkan masyarakat pentingnya K3 dalam tata kehidupan bermasyarakat. Kampanye nasional tentang K3 memberikan pesan khususnya masyarakat industri bahwa setiap tema yang terpasang memiliki makna dan peran besar dalam mengelola industrinya. Pola gerakan nasional membudayakan K3 dimaksudkan agar semua pihak dapat menggunakannya sebagai pedoman pokok dalam upaya pembudayaan keselamatan dan kesehatan dalam bekerja.

Pembangunan SDM diarahkan pada pembentukan tenaga profesional yang mandiri, beretos kerja dan produktif. Dalam pembangunan ketenagakerjaan perlu dibina dan dikembangkan perbaikan syarat kerja serta perlindungan tenaga kerja sistem hubungan Industrial yang peduli dengan lingkungan.

Penerapan ilmu dan teknologi baru bukan tanpa resiko dan membutuhkan tenaga ahli dan terampil, tanpa tenaga kerja yang berkualitas dengan peralatan semakin canggih justru menimbulkan kesulitan dan dapat membahayakan tenaga kerja. Masalah K3 tidak bisa dikesampingkan karena akibat yang ditimbulkan akan menjadi kerugian cukup besar bagi pemilik industri, pekerja ataupun lingkungan dan masyarakat sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar